Image of Menteri-Menteri Agama Republik Indonesia : Biografi Sosial-Politik

Text

Menteri-Menteri Agama Republik Indonesia : Biografi Sosial-Politik



Buku ini berhasil merekonstruksi dengan baik derap langkah, kiprah, dan terobosan para Menteri Agama Republik Indonesia dari sejak awal berdirinya negeri ini, sekalipun pada saat itu sistem politik kekuasaan masih sangat labil di bawah kendali Presiden Soekarno (1945-1967); terbukti dengan berubah-ubahnya sistem pemerintahan, dari sistem presidentil berubah menjadi parlementer hingga demokrasi terpimpin. Akibatnya, susunan Kabinet pun tak berumur panjang, sehingga resuffle menteri-menteri tak terhindarkan, termasuk Jabatan Menteri Agama. Adapun menteri-menteri agama di era Presiden Soekarno adalah: Prof. Dr. H. M. Rasjidi, Prof.KH. Fathurrahman Kafrari, Teuku Moehammad Hasan, KH. Masjkur, KH. Abdul Wahid Hasyim, KH. Fakih Usman, KH. Mohammad Iljas, KH. Muhammad Wahib Waham, Prod. KH. Saifuddin Zuhri, dan KH. Muhammad Dachlan.

Setelah kekuasaan Presiden Soekarno berakhir, kemudian dilajutkan oleh Presiden Sorharto yang berkuasa kurang lebih selama 32 tahun (1967-1998), Menteri Agama pun silih berganti seiring dengan berakhirnya periodisasi pemerintah Presiden, yang dipilih sekali dalam 5 (lima) tahun sebagai bagian dari rencana pembangunan yang dibuat oleh pemerintah atau dikenal dengan sebutan "Repelita". Diantara menteri-menteri Agama di era Presiden Soeharto adalah: Prof. Dr. Abdul Mukti Ali (11 September 1971 - 29 Maret 1978), Alamsjah Ratu Perwiranegara (29 Maret 1978 - 19 Maret 1983), Prof. Dr. Munawir Sjadzali, MA (19 Maret 1983 - 17 Maret 1993), dan Dr. dr. H. Tarmizi Taher (17 Maret 1993 - 14 Maret 1998).

Kehadiran buku ini menjadi sangat penting, selain sebagai bahan referensi untuk memperkaya khazanah keilmuan, buku ini juga menyuguhkan sederet jejak peristiwa-peristiwa penting Menteri-Menteri Agama RI dalam mendarmabaktikan jiwa-raga dan pikirannya di Kementerian Agama, lewat berbagai program pembangunan strategis, khususnya di bidang urusan agama dan pendidikan keagamaan di Indonesia. Hingga saat ini, Kementerian Agama semakin menunjukan eksistensinya sebagai pangayom dan pelayan dalam kehidupan umat beragama yang berkualitas, merata, dan harmonis.


Ketersediaan

B210007923.2 AZR m c1Ruang Perpustakaan BDK (Rak 900)Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
923.2 AZR m c1
Penerbit Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
liv, 436 hlm.: Illus., ; 17 X 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-95248-3-0
Klasifikasi
923.2
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cet. II
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini